Contoh Proposal Usaha

 

PROPOSAL USAHA

BINTANG HARUM ABADI

(Parfume)

 

Disusun oleh :

M. Bintang Yudha Pratama

3403200099

Akuntansi Reguler E

 

 

 

 

 

 

PROGRAM STUDI AKUNTANSI

FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS GALUH

2021


 


Ringkasan

            Pada zaman milenial ini, dimana semua orang sering menggunakan medsos, bermain dan memposting foto terbaik hasil main mereka atau dikenal dengan istilah hunting­. Biasanya jika anak muda sudah bermain, mereka suka lupa waktu sehingga jika terlalu banyak aktivitas dapat menyebabkan bau badan dan tidak percaya diri dihadapan teman-temannya.

            Bintang Harum Abadi adalah solusi yang tepat untuk hal tersebut, karena disini kami menyediakan parfum yang wangi dan dapat bertahan lama, sehingga anda dapat lebih percaya diri ketika bersama teman-teman anda. Parfum Bintang Harum abadi bisa digunakan dan cocok disegala usia namun tergantung sesuai selera juga. Harga dari parfum ini kisaran Rp 50.000 hingga Rp 100.000. Bintang Harum Abadi akan dialokasikan di tempat yang strategis di kota dan akan ditempatkan di setiap mall di Indonesia.

            Keuntungan dari usaha ini sangat besar jika dikerjakan dengan sungguh-sungguh. Kita tidak perlu terburu-buru ingin balik modal, karena parfum bersifat lama kadaluarsanya. Paling lambat pun pengembalian modal dicapai dalam jangka waktu 4-6 bulan, perusahaan ini sendiri akan banyak meraih keuntungan dalam jangka Panjang dengan perkiraan 100-200 produk parfum terjual dalam perbulan.

Daftar Isi

Ringkasan ........................................................................................................ 2

Daftar Isi .......................................................................................................... 3

 

Bab I       Pendahuluan................................................................................... 4

                 1.1 Latar Belakang Masalah ........................................................... 4

                 1.2 Perumusan Masalah .................................................................. 4

                 1.3 Tujuan Bisnis ............................................................................ 4

                 1.4 Output Yang Diharapkan .......................................................... 4

                 1.5 Tentang Perusahaan .................................................................. 4

 

Bab II      Pembahasan ................................................................................... 6

                 2.1 Gambaran Umum Pasar (STP) ................................................. 6

                        2.1.1 Pemasaran ....................................................................... 7

                 2.2 Manajemen Produksi ................................................................ 8

                        2.2.1 Distribusi Produk ............................................................ 8

                        2.2.2 Biaya Umum Usaha ........................................................ 8

                 2.3 Modal ........................................................................................ 9

 

Bab III    Kesimpulan dan Saran ................................................................. 10

                 3.1 Kesimpulan ............................................................................... 10

                 3.2 Saran ......................................................................................... 10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bab I

Pendahuluan

 

1.1.Latar belakang Masalah

Parfum adalah wewangian yang digunakan orang-orang untuk bermain dan pergi ke acara penting agar tidak bau badan. Dan tidak semua parfum itu dapat bertahan lama wangi nya. Tahan lama dan tingkat keharuman parfum adalah tolak ukur dari kualitas Parfum.

1.2.Perumusan Masalah

Dari pembahasan sebelumnya, dapat disimpulakan bahwa masalah yang banyak timbul adalah orang-orang mencari parfum yang wangi, dapat bertahan lama dan harganya terjangkau.

1.3.Tujuan Bisnis

Tujuan utama dari bisnis ini adalah untuk memuaskan konsumen dengan produk parfum yang kita buat dengan wangi yang tahan lama, harum, dan harga terjangkau.

1.4.Output yang diharapakan

Adapun harpan yang ingin dicapai dari program bisnis ini yaitu adalah perusahaan bisa memiliki konsumen yang setia, dapat meraup keuntungan yang luar biasa dan menjadi salah satu perusahaan parfum terbesar yang dapat dipercaya oleh semua orang.

1.5. Tentang Perusahaan

o   Nama Perusahaan       : Bintang Harum Abadi

o   Nama Pemilik                         : Hj M. Bintang Yudha Pratama

o   Alamat dan kontak      : Jln. Otto Iskandardinata No. 21 Jakarta

                                      Email : bintangharumabadi21@gmail.com

                                      Nomor Hp : 089621523373

                                      Instagram : bintangharumabadi_21

 

 

 

A. Profil Singkat Bisnis

    Bintang Harum Abadi adalah perusahaan yang memproduksi parfum yang wangi yang berkualitas, tahan lama dan harga terjangkau. Usaha ini akan dilaksanakan di tempat yang banyak dilalui oleh orang dan mall.

B. Visi dan Misi Organisasi

à Visi

Menjadi produk parfum yang paling sering digunakan banyak orang

à Misi

1) Menyediakan produk yang berkualitas

2) Pelayanan yang ramah sehingga menimbulkan kenyamanan

3) Rajin memproduksi parfum dengan membuat ataupun sesuai

    Trend

C. Logo Perusahaan



Bab II

Pembahasan

 

2.1  Gambaran Umum Pasar (STP)

A.    Segmenting

-          Masyarakat semua semua usia

-          Masyarakat di tiap ibu kota provinsi

B.     Targeting

-          Kalangan pelajar dan mahasiswa

C.     Positioning

-          Wangi awet dompet pun awet

      Permintaan

      1, Tabel Perkiraan Permintaan Dalam Satu Tahun

Bulan

Perkiraan Permintaan

Januari

100

Februari

140

Maret

170

April

200

Mei

250

Juni

300

Juli

365

Agustus

420

September

485

Oktober

550

November

620

Desember

700

 

      2. Grafik Permintaan

2.1.1.  Pemasaran

  1. Produk

A. Meantea, Gourmand, Fruity, Woody, Musk.

B. Silver soul, Kirin, Sakura, Ghoul.

C. Glamour, Luxury, Unity, Gold air.

  2. Harga

A. Rp 50.000 - Rp 60.000

B. Rp 65.000 - Rp 70.000

C. Rp 80.000 - Rp 100.000

  3. Placement

Kami menjual barang jadi dari pabrik dan tinggal diperjual belikan. Target penempatannya adalah membuka toko di setiap ibu kota provinsi dekat alun-alun kota dan di Mall.

  4. Promotion

Kami akan mengadakan promosi di event-event tertentu, khususnya pada acara ulang tahun ibu kota dan agutusan yang biasanya diadakan

jalan santai. Kami akan memperkenalkan produk kami dengan membagikan brosur, pamflet dan lain-lain. Dan kami akan mengadakan potongan harga atau beli 1 parfum gratis 1 parfum pada acara hari raya.

  5. Proses

- Penjual menerima barang dari pabrik perusahaan

- Penjual sudah siap di toko atau di stand dan membuka order

- Konsumen memilih produk dan membayar

- Penjual melakukan transaksi

- Bisa juga memesan produk secara online.

2.2 Manajemen Produksi

2.2.1        Distribusi Produk

-          Pendistribusian produk

Kami mendistribusikan produk langsung ke konsumen

-          Operasional

1) Konsumen datang ke toko atau stand

2) Konsumen memilih dan memesan produk

3) Penjual membantu konsumen dalam memilih produk

4) Terjadi transaksi antara penjual dan konsumen

2.2.2        Biaya Umum Usaha

Jenis Biaya

Jumlah Biaya/bulan

Gaji penjual

Rp 500.000

Sewa toko

Rp. 700.000

Sewa Stand

Rp 300.000

Jumlah Biaya

Rp 1.500.000

 

 

 

 

2.3 Modal

Jenis Modal

Jumlah Biaya (Rp)

Biaya Modal Produk

Biaya Umum usaha + Distribusi

5.000.000

10.000.000

Jumlah

15.000.000

 

Analisis Keuntungan Produk

      Pendapatan Per-bulan

-          Produk A : 50 Botol x 50.000 = 2.500.000

-          Produk B : 30 Botol x 65.000 = 1.950.000

-          Produk C : 20 Botol x 80.000 = 1.600.000

Jumlah : Rp 6.050.000

Menghitung pengembalian Modal

15.000.000/6.050.000 = 2,5 bulan

  

Karena Periode pengembalian modal terbilang tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lama dengan perkiraan penjualan 100 per-hari, maka bisnis dikatakan Layak untuk dijalankan.

 


 

Bab III

Kesimpulan dan Saran

 

3.1  Kesimpulan

-   Bintang Harum Abadi adalah perusahaan bisnis yang menyediakan parfum yang awet dan harga terjangkau bagi masyarakat. Penempatan toko parfum ini terdatap di mall dan di kota-kota besar Indonesia.

-   Dengan periode pengembalian modal yang tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lama sekitar 2,5 bulan maka bisnis ini dinyatakan layak untuk dijalankan

3.2  Saran

- Parfum sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat, dapat digunakan untuk bermain, bekerja dan lain-lain.

- baiknya kita turut membantu perekonomian Indonesia dengan menjadi seorang wirausaha.

 

Komentar