Contoh Proposal Usaha
PROPOSAL
USAHA
BINTANG
HARUM ABADI
(Parfume)
Disusun
oleh :
M.
Bintang Yudha Pratama
3403200099
Akuntansi
Reguler E

PROGRAM
STUDI AKUNTANSI
FAKULTAS
EKONOMI UNIVERSITAS GALUH
2021
Ringkasan
Pada zaman milenial ini, dimana
semua orang sering menggunakan medsos, bermain dan memposting foto terbaik
hasil main mereka atau dikenal dengan istilah hunting. Biasanya jika
anak muda sudah bermain, mereka suka lupa waktu sehingga jika terlalu banyak
aktivitas dapat menyebabkan bau badan dan tidak percaya diri dihadapan teman-temannya.
Bintang Harum Abadi adalah solusi
yang tepat untuk hal tersebut, karena disini kami menyediakan parfum yang wangi
dan dapat bertahan lama, sehingga anda dapat lebih percaya diri ketika bersama teman-teman
anda. Parfum Bintang Harum abadi bisa digunakan dan cocok disegala usia namun tergantung
sesuai selera juga. Harga dari parfum ini kisaran Rp 50.000 hingga Rp 100.000. Bintang
Harum Abadi akan dialokasikan di tempat yang strategis di kota dan akan
ditempatkan di setiap mall di Indonesia.
Keuntungan dari usaha ini sangat
besar jika dikerjakan dengan sungguh-sungguh. Kita tidak perlu terburu-buru
ingin balik modal, karena parfum bersifat lama kadaluarsanya. Paling lambat pun
pengembalian modal dicapai dalam jangka waktu 4-6 bulan, perusahaan ini sendiri
akan banyak meraih keuntungan dalam jangka Panjang dengan perkiraan 100-200
produk parfum terjual dalam perbulan.
Daftar
Isi
Ringkasan
........................................................................................................ 2
Daftar
Isi .......................................................................................................... 3
Bab
I Pendahuluan................................................................................... 4
1.1 Latar Belakang Masalah ........................................................... 4
1.2 Perumusan Masalah .................................................................. 4
1.3 Tujuan Bisnis ............................................................................ 4
1.4 Output Yang Diharapkan .......................................................... 4
1.5 Tentang Perusahaan .................................................................. 4
Bab
II Pembahasan ................................................................................... 6
2.1 Gambaran Umum Pasar (STP) ................................................. 6
2.1.1 Pemasaran ....................................................................... 7
2.2 Manajemen Produksi ................................................................ 8
2.2.1 Distribusi Produk ............................................................ 8
2.2.2 Biaya Umum Usaha ........................................................ 8
2.3 Modal ........................................................................................ 9
Bab
III Kesimpulan dan Saran ................................................................. 10
3.1 Kesimpulan ............................................................................... 10
3.2 Saran ......................................................................................... 10
Bab
I
Pendahuluan
1.1.Latar
belakang Masalah
Parfum
adalah wewangian yang digunakan orang-orang untuk bermain dan pergi ke acara
penting agar tidak bau badan. Dan tidak semua parfum itu dapat bertahan lama
wangi nya. Tahan lama dan tingkat keharuman parfum adalah tolak ukur dari
kualitas Parfum.
1.2.Perumusan
Masalah
Dari pembahasan sebelumnya, dapat disimpulakan bahwa
masalah yang banyak timbul adalah orang-orang mencari parfum yang wangi, dapat
bertahan lama dan harganya terjangkau.
1.3.Tujuan
Bisnis
Tujuan
utama dari bisnis ini adalah untuk memuaskan konsumen dengan produk parfum yang
kita buat dengan wangi yang tahan lama, harum, dan harga terjangkau.
1.4.Output
yang diharapakan
Adapun
harpan yang ingin dicapai dari program bisnis ini yaitu adalah perusahaan bisa
memiliki konsumen yang setia, dapat meraup keuntungan yang luar biasa dan
menjadi salah satu perusahaan parfum terbesar yang dapat dipercaya oleh semua
orang.
1.5. Tentang
Perusahaan
o
Nama Perusahaan : Bintang Harum Abadi
o
Nama Pemilik : Hj M. Bintang Yudha Pratama
o
Alamat dan kontak : Jln. Otto Iskandardinata No. 21 Jakarta
Email : bintangharumabadi21@gmail.com
Nomor Hp : 089621523373
Instagram : bintangharumabadi_21
A. Profil Singkat Bisnis
Bintang Harum Abadi adalah perusahaan yang
memproduksi parfum yang wangi yang berkualitas, tahan lama dan harga
terjangkau. Usaha ini akan dilaksanakan di tempat yang banyak dilalui oleh
orang dan mall.
B. Visi dan Misi
Organisasi
à Visi
Menjadi produk parfum yang paling sering digunakan
banyak orang
à Misi
1) Menyediakan produk yang berkualitas
2) Pelayanan yang ramah sehingga menimbulkan
kenyamanan
3) Rajin memproduksi parfum dengan membuat ataupun
sesuai
Trend
C. Logo Perusahaan

Bab II
Pembahasan
2.1 Gambaran
Umum Pasar (STP)
A. Segmenting
-
Masyarakat semua semua usia
-
Masyarakat di tiap ibu kota provinsi
B. Targeting
-
Kalangan pelajar dan mahasiswa
C. Positioning
-
Wangi awet dompet pun awet
Permintaan
1, Tabel Perkiraan Permintaan Dalam Satu
Tahun
|
Bulan |
Perkiraan Permintaan |
|
Januari |
100 |
|
Februari |
140 |
|
Maret |
170 |
|
April |
200 |
|
Mei |
250 |
|
Juni |
300 |
|
Juli |
365 |
|
Agustus |
420 |
|
September |
485 |
|
Oktober |
550 |
|
November |
620 |
|
Desember |
700 |
2. Grafik Permintaan

2.1.1. Pemasaran
1. Produk
A. Meantea, Gourmand, Fruity, Woody, Musk.
B. Silver soul, Kirin, Sakura, Ghoul.
C. Glamour, Luxury, Unity, Gold air.
2. Harga
A. Rp 50.000 - Rp 60.000
B. Rp 65.000 - Rp 70.000
C. Rp 80.000 - Rp 100.000
3. Placement
Kami menjual barang jadi dari pabrik dan tinggal
diperjual belikan. Target penempatannya adalah membuka toko di setiap ibu kota
provinsi dekat alun-alun kota dan di Mall.
4. Promotion
Kami akan mengadakan promosi di event-event tertentu,
khususnya pada acara ulang tahun ibu kota dan agutusan yang biasanya diadakan
jalan santai. Kami akan memperkenalkan produk kami
dengan membagikan brosur, pamflet dan lain-lain. Dan kami akan mengadakan
potongan harga atau beli 1 parfum gratis 1 parfum pada acara hari raya.
5. Proses
- Penjual menerima barang dari pabrik perusahaan
- Penjual sudah siap di toko atau di stand dan membuka
order
- Konsumen memilih produk dan membayar
- Penjual melakukan transaksi
- Bisa juga memesan produk secara online.
2.2 Manajemen
Produksi
2.2.1
Distribusi Produk
-
Pendistribusian produk
Kami mendistribusikan produk langsung ke konsumen
-
Operasional
1) Konsumen datang ke toko atau stand
2) Konsumen memilih dan memesan produk
3) Penjual membantu konsumen dalam memilih produk
4) Terjadi transaksi antara penjual dan konsumen
2.2.2
Biaya Umum Usaha
|
Jenis Biaya |
Jumlah
Biaya/bulan |
|
Gaji
penjual |
Rp
500.000 |
|
Sewa
toko |
Rp.
700.000 |
|
Sewa
Stand |
Rp
300.000 |
|
Jumlah
Biaya |
Rp
1.500.000 |
2.3 Modal
|
Jenis Modal |
Jumlah
Biaya (Rp) |
|
Biaya Modal
Produk Biaya Umum
usaha + Distribusi |
5.000.000 10.000.000 |
|
Jumlah |
15.000.000 |
Analisis Keuntungan Produk
Pendapatan
Per-bulan
-
Produk A : 50 Botol x 50.000 = 2.500.000
-
Produk B : 30 Botol x 65.000 = 1.950.000
-
Produk C : 20 Botol x 80.000 = 1.600.000
Jumlah : Rp 6.050.000
Menghitung pengembalian Modal
15.000.000/6.050.000 = 2,5 bulan
Karena Periode pengembalian modal terbilang tidak
terlalu cepat dan tidak terlalu lama dengan perkiraan penjualan 100 per-hari,
maka bisnis dikatakan Layak untuk dijalankan.
Bab III
Kesimpulan dan Saran
3.1 Kesimpulan
- Bintang
Harum Abadi adalah perusahaan bisnis yang menyediakan parfum yang awet dan
harga terjangkau bagi masyarakat. Penempatan toko parfum ini terdatap di mall
dan di kota-kota besar Indonesia.
- Dengan
periode pengembalian modal yang tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lama sekitar
2,5 bulan maka bisnis ini dinyatakan layak untuk dijalankan
3.2 Saran
- Parfum sudah menjadi kebutuhan bagi
masyarakat, dapat digunakan untuk bermain, bekerja dan lain-lain.
- baiknya kita turut membantu
perekonomian Indonesia dengan menjadi seorang wirausaha.
Komentar
Posting Komentar